Mendapat Kurs Valuta Asing Terkini dengan PHP

Catatan: Ramuan ini sudah lama sekali dibuat dan mungkin sudah basi.

Mendapatkan informasi nilai tukar valas (valuta asing) terbaru di internet sebenarnya tidaklah sulit. Ada banyak situs-situs perbankan di Indonesia yang menyediakan informasi kurs terkini, seperti di antaranya:

Mengakses halaman tersebut dari web browser memang mudah. Tetapi masalahnya, bagaimana jika kita sedang membuat sebuah aplikasi web dan ingin mendapatkan data kurs terkini dari situs-situs tersebut untuk diintegrasikan dengan program web.

Karena situs-situs tersebut tidak menyediakan pilihan penyajian informasi dalam format yang programmerfriendly (misalnya JSON atau XML), maka cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan parsing HTML.

Bagi Anda yang menggunakan PHP, hal ini bisa dilakukan dengan sebuah pustaka PHP untuk mendapatkan data kurs terbaru dari situs-situs perbankan yang terangkum dalam sebuah class KursValas. Unduh file-nya disini.

Cara penggunaannya pun mudah, misalkan kita ingin mendapatkan besaran kurs jual mata uang USD untuk transaksi yang diperoleh dari situs BCA:


Saat ini KursValas mampu membaca data dari situs BCA, BNI, dan Mandiri.

Beberapa catatan: Karena seluruh informasi kurs ini berasal dari situs eksternal, maka pustaka mungkin bisa menjadi tidak berfungsi sewaktu-waktu jika terjadi perubahan struktur layout halaman di situs tersebut.

KursValas ini menggunakan pustaka simple_html_dom.php yang dibuat oleh S.C. Chen dkk., dirilis dibawah lisensi MIT.

Download KursValas.php
http://files.jar2.net/scripts/php/kursvalas-1.3.src.zip

Satu pemikiran pada “Mendapat Kurs Valuta Asing Terkini dengan PHP

Tinggalkan komentar